Rekomendasi

Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si.

Dirjen Bimas Kristen Republik Indonesia

Saya kira referensi yang hari ini didiskusikan yang ditulis oleh Abraham Park harus menjadi referensi utama kita semua, para teolog, para mahasiswa yang belajar di sekolah tinggi dan kita semua kaum awam pun harus belajar atau membaca karya-karya ini.

Pdt. Dr. Ronny Mandang, M.Th.

Ketua Umum PGLII (periode 2015-2019)

...Dan karena itu kami terus menyemangati untuk seluruh anggota PGLII khususnya, miliki buku-buku dari Pdt. Abraham Park karena waktu kita membaca bersanding dengan Alkitab, bapa ibu akan melihat harta yang luar biasa dari kekayaan teks yang ada di dalam Alkitab.

...Sejarah penebusan menggali tiap teks, tiap ayat dari Alkitab untuk menemukan Yesus sebagai Juruselamat dan Penebus manusia, dan bagi saya ini yang terpenting. Maka hari ini kita bersyukur karena penggalian firman Tuhan begitu cermat mengajar saudara dan saya kalau berkhotbah tidak gegabah. Mengajar saya dan saudara ketika berkhotbah tidak hanya mengandalkan rasa dan pengalaman tetapi kebenaran firman Allah yang digali.

Pdt. Dr. Henriette Tabita Lebang, M.Th.

Ketua Umum PGI (periode 2014-2019)

Pemahaman dan penggalian yang telah dilakukan oleh Dr. Park menolong kita untuk mengenal bagaimana Allah bertindak dalam sejarah manusia sejak zaman dahulu kala.

Pdt. Dr. A. A. Yewangoe

Ketua Umum PGI (periode 2009 – 2014)

Silsilah ternyata bukan sekedar daftar keturunan, melainkan mengandung isi yang sangat berarti yang ujung-ujungnya adalah keselamatan manusia dan alam semesta. Saya mengharapkan buku ini akan menambah khasanah di dalam memahami secara mendalam pemberitaan Alkitab.

Dr. Bruce K. Waltke

Ahli Perjanjian Lama Ternama, Profesor Emeritus Regent College President of the Evangelical Theological Society, Translation committee NASB & NIV

Buku ini menampakkan dengan mengagumkan mengenai pengetahuan yang luas dan dalam dari penulis tentang Alkitab serta mewariskan dengan baik sudut pandang teologi injili ortodoks yang sangat bermutu.

Dr. Warren Gage

Professor Emeritus of Knox Theological Seminary

Dr. Park melihat dengan bijaksana bahwa Proto Injil di Kejadian 3:15 adalah daya pendorong sejarah penebusan Allah untuk umatNya. Silsilah-silsilah ini penting untuk menegaskan iman dari orang-orang percaya atas keautentikan Firman Tuhan dan Dr. Park telah sangat membantu kita untuk melihat seluruh kurun waktu berabad-abad dari Alkitab.

Dr. Robert C. Stallman

Professor of Bible and Hebrew, Northwest University

...Siapa saja yang membaca buku ini akan dibangun dalam pengenalannya akan Yesus Kristus. Lebih dari itu, jelas bahwa Dr. Park adalah seorang pendeta bagi para pendeta.

Pekerjaan pelayanan gereja sangatlah menuntut. Pendeta-pendeta adalah hadiah Tuhan bagi tubuh Kristus, namun mereka memiliki banyak tanggungjawab yang membuat mereka sulit untuk mendedikasikan waktu untuk belajar, mengajar dan berkhotbah.

Dr. Park mengerti tekanan-tekanan tersebut dan telah merespon kebutuhan para pendeta dengan menyediakan sebuah panduan yang kaya dan pasti

...Dengan berfokus pada iman dan kegagalan raja-raja Israel, Dr. Park memimpin kita pada Yesus Sang Mesias sehingga kita bisa mengenal-Nya dan dikenal oleh-Nya… Sungguh, Tuhan kita telah menganugerahkan hamba ini bagi Gereja sebagai seorang pendeta dan guru yang berbakat untuk membawa kita pada iman dan pengenalan akan Yesus Kristus (Ef 4:11-13).

Douglas Kelly

Professor of Systematic Theology, Reformed Theological Seminary, USA

Setelah seumur hidup membaca Firman dan pengudusan diri kepada Tuhan, Tuhan telah mengaruniakan Dr. Park pemahaman yang mendalam akan Firman-Nya. Ia melihat di bawah permukaan; menghubungkan banyak kebenaran-kebenaran, dan telah -- saya percaya -- mengenal maksud Tuhan, yang menginspirasikan Firman. Tulisan (Dr. Park) akan mengajar dan mendidik dari generasi ke generasi. Puji Tuhan untuknya!

Dr. Andrew J. Tesia

President of the Research Institute of Reformed Theology

Dengan menyusun Alkitab dari sudut pandang keselamatan dan perjanjian (sehingga menjadi jelas), Pdt. Abraham Park mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sepanjang 2000 tahun sejarah gereja. Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan patut dihargai dengan tinggi. Pencapaian yang tidak bisa dibayangkan untuk bisa dihasilkan bahkan dari orang telah yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mempelajari Alkitab dan teologi.

 

Maka, dengan sukacita saya merekomendasikan buku-buku Seri Sejarah Penebusan ini kepada semua gereja di dunia, karena tidak hanya memuaskan kerinduan rohani umat-umat Kristen yang dahaga, tapi juga karena buku-buku ini mutlak diperlukan bagi mereka yang menginginkan kehidupan iman yang lebih dewasa.

Pdt. Dr. Nus Reimas

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja & Lembaga Injili Indonesia

Seperti halnya buku seri 1 Sejarah Penebusan yang telah membuka rahasia-rahasia yang selama ini terpendam tentang silsilah di dalam kitab Kejadian, maka buku seri 2 dari Sejarah Penebusan ini menuntun kita untuk mengingat, merenungkan dan hidup di dalam kebenaran yang telah Allah letakkan melalui perjumpaan-Nya dengan tokoh-tokoh dalam sejarah Perjanjian Lama maupun secara pribadi melalui perjumpaan kita dengan Tuhan Yesus Kristus, aktor utama dari sejarah penebusan umat manusia.


Melalui buku seri 1 Sejarah Penebusan, sang penulis, Pdt. Dr. Abraham Park, D.Min., DD. benar-benar telah membuka mata kita untuk melihat bahwa setiap orang yang tertulis namanya dalam silsilah kitab Kejadian mempunyai peran yang signifikan dalam sejarah penebusan Allah, maka dalam buku seri 2 ini penulis mau membuka hati kita untuk tidak melupakan “pertemuan dengan Allah”, janji-janji-Nya yang tidak pernah gagal. 


Sang penulis sungguh-sungguh mengungkapkan hal ini tidak dari pengetahuan semata, tetapi melalui suatu interaksi pribadi dengan Tuhan sendiri, dengan membaca, merenungkan Firman Tuhan lebih dari 3 jam sehari dan berdoa selama 2 jam tiap-tiap hari yang dilakukannya selama lebih dari 50 tahun hidupnya. Luar biasa, bukan? Itulah sebabnya penulis memiliki komitmen untuk sampai akhir hidupnya hanya memegahkan salib Kristus (1 Korintus 2:2; Galatia 6:14) dan berjuang dalam doa dan Firman.


Itulah sebabnya Pdt. Dr. Abraham Park menekankan suatu pesan moral kepada semua orang percaya untuk tidak melupakan ”Pertemuan dengan Tuhan,” janji-janji Tuhan yang telah diberikan kepada umat manusia, teristimewa Anugerah-Nya melalui karya Salib Tuhan kita Yesus Kristus. Saya percaya, bahwa setiap orang yang membaca buku ini pasti akan menikmati kehadiran Allah melalui janji-janji dan karya-karya-Nya yang diungkapkan secara gamblang oleh sang penulis. Karena itu saya menyambut baik penerbitan buku ini dan menyarankan kepada semua umat Tuhan di negeri ini khususnya kaum Injili untuk terus membaca dan mempelajari buku ini disertai doa agar kita semua tidak gampang melupakan janji-janji abadi dan karya-karya penebusan yang telah dilakukan oleh Allah, Sang Pencipta, kepada kita melalui Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita Yesus Kristus. Solideo Glory!

Pdt. Robinson Nainggolan, S.E., M.Sc.

Ketua Harian Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia

Puji Tuhan! Pdt. Abraham Park, D.Min. D.D. kembali menjadi berkat bagi bangsa Indonesia dengan diterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia karya beliau yaitu buku seri kedua “Sejarah Penebusan” yang diberi judul Pertemuan Yang Terlupakan. 


Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) sangat menyambut baik penerbitan buku ini karena bukan saja menambah jumlah buku yang tersedia di dalam bahasa Indonesia, tetapi juga akan menambah pengetahuan hamba-hamba Tuhan dan ahli-ahli (termasuk yang sedang belajar) Teologia mengenai rahasia sejarah penebusan yang dilakukan oleh Yesus Kristus. 


Buku seri pertama “Sejarah Penebusan” dengan judul Silsilah Di Kitab Kejadian, yang merupakan buku “best seller” dan diterjemahkan ke berbagai bahasa, telah menjadi berkat bagi bangsa Indonesia setelah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Secara pribadi, kami sendiri diberkati setelah membaca buku tersebut, karena mendapat pencerahan yang sungguh berarti dan kami yakin hanya oleh karena inspirasi dari Roh Kudus-lah maka Pdt. Abraham Park, D.Min., D.D. dapat menjelaskan begitu dalam tentang Silsilah Di Kitab Kejadian, yang dilihat dari sudut pandang penyelenggaraan Sejarah Penebusan. 


Oleh sebab itu, PGPI sangat merekomendasikan buku PERTEMUAN YANG TERLUPAKAN ini, agar hamba-hamba Tuhan dan para ahli Teologia dapat membacanya, dan bahkan kalau bisa menjadi buku yang wajib dimiliki perpustakaan-perpustakaan di Seminari-Seminari dan Sekolah Tinggi Teologia. 


Akhir kata, mari kita dapatkan manfaat yang berharga dari buku ini bagi penambahan wawasan dan pencerahan yang akan mempengaruhi hidup dan pelayanan kita. 


Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua dengan melimpah. 

Pdt. Piet M. Tampi, STh, MSi.

Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Periode 2010-2014

Puji syukur kepada Tuhan karena saya mendapat kesempatan mempelajari karya tulis dari Pdt. Abraham Park, D.Min.,DD. yang dituangkannya dalam buku Silsilah Di Kitab Kejadian. Saya seorang Pendeta yang telah melayani jemaat Tuhan di Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) selama lebih dari 36 tahun, merasa beruntung dan diberkati melalui tulisan Pdt. Abraham Park. 


Buku yang saya pelajari adalah seri pertama dari suatu rangkaian tulisan yang dilanjutkan pada seri kedua dengan judul Pertemuan Yang Terlupakan. Menyadari akan kekayaan rohaniah dalam Alkitab yang digali oleh hamba Tuhan Pdt. Park, maka saya dengan tulus mendorong untuk menerbitkan buku serial kedua ini, dan mengajak orang-orang yang haus akan kebenaran Firman Tuhan untuk disamping membaca Alkitab, juga nantinya membaca dan mempelajari isi tulisan dalam buku Pertemuan Yang Terlupakan.

Pdt. Mary Hartanti, D.Min

Ketua Sinode Gereja (Gereja Bethel Apostolik & Profetik), Pendiri dan Ketua Pembina (Yayasan Nafiri Kasih)

Bersyukur kepada Tuhan terbit satu buku lagi untuk memperkaya dan membantu para hamba Tuhan, pelajar/mahasiswa Alkitab, Dosen, dan jemaat yang suka belajar perkara-perkara rohani. 


Buku ini sangat membuka wawasan mengenai pentingnya silsilah dalam Alkitab, khususnya dalam Kitab Kejadian dengan keterkaitannya dalam Penyelenggaraan Sejarah Penebusan. 


Kesan pertama, penulis, yaitu Pdt Abraham Park, D.Min, D.D (Pdt. Yoon Sik Park) adalah seorang pembaca, perenung, penyelidik dan penulis yang sangat teliti, tekun, setia, telaten dan ingin menjadi berkat dan berhasil mengungkapkan sesuatu yang baru yang sungguh membuka wawasan bagi pembacanya. 


Begitu kita membuka Cover dalam, kita melihat bagan silsilah yang menunjukkan ciri-ciri penulis yang rajin dan pekerja keras dan sistimatis.


Menarik sekali komentar dalam Pendahuluan bahwa ¡°silsilah¡± di Kitab Kejadian bukan semata-mata merupakan daftar kelahiran dan kematian generasi-generasi, tetapi silsilah tersebut mengandung pemeliharaan penyelamatan yang mengagumkan dari Allah yang menembus seluruh isi Alkitab. Dengan demikian menyimpulkan bahwa penulisan silsilah dalam Alkitab mengandung tujuan dan maksud Allah dalam penyelenggaraan penyelamatan umat manusia. 


Menarik juga ayat-ayat Ulangan 32:7 dan Yeremia 6:16 yang menjadi dorongan untuk penulis memperhatikan secara khusus pada ¡°silsilah¡± di Kitab Kejadian. Penulis kemudian dapat memvisualisasikan kehidupan dan perjalanan mereka dan menarik pelajaran iman yang jelas. Penulis meneliti Alkitab dengan hati, bukan semata-mata dengan akal budi, dengan air mata dan doa, serta perenungan Firman yang setia, dia menjadikan makna ¡°silsilah¡± itu dapat difahami. 


Selain menyelidiki dan menuangkan dalam tulisan, penulis sudah mengajarkannya dengan teratur, tahun 1968, 1983 dan sepanjang tahun 2005, sehingga penemuan melalui tulisannya sudah memberkati orang-orang kudus yang mendengar silsilah ini diajarkan. 


Saya percaya aliran kasih karunia yang diterima penulis saat dia mengambil keputusan untuk menerbitkannya menjadi berkat bagi gerejaNya akan kembali menularkan kasih karunia itu bagi mereka yang membuka diri untuk menerima dan menularkannya.


Membaca Pendahuluan saya mendapat kesan tentang kerendahan hati yang mendalam dari penulis dan dia memuliakan Tuhan sepenuhnya. 


Ya, buku ini penuh arti. 


Saya mengucap syukur untuk penulis yaitu Pdt. Yoon Sik Park yang oleh kasih karunia Tuhan melahirkan buku ini, kepada Pdt. Youn Doo Hee sebagai penerjemah sehingga buku ini dapat kami baca dengan bahasa kami. 


Saya sangat merekomendasikan untuk setiap pemimpin Lembaga Kristiani membaca buku ini yang akan sangat memperkaya dan memperluas wawasan mengenai pemahaman silsilah dalam Kitab Kejadian dilihat dari sudut pandang penyelenggaraan sejarah penebusan. 

Pdt. Dr. Gatut Budiyono

Rektor STT Satyabhakti (SATI) Malang

Setelah membaca buku ini, saya mendapat dua kesan.

Pertama, Pdt. Abraham Park dengan teliti, cermat, dan hati-hati telah menyelidiki silsilah-silsilah di dalam Alkitab dan menemukan peran silsilah-silsilah itu dalam konteks Sejarah Penebusan Tuhan.  Dengan penelaahan yang bertumpu pada ayat-ayat Alkitab saja, Pdt. Park mau meneguhkan bahwa Alkitab adalah buku yang menjelaskan dirinya sendiri.

Kedua, Pdt. Park menunjukkan implikasi praktis dari silsilah-silsilah itu seraya menyampaikan pesan-pesan pastoral melaluinya. Kalau sebelumnya, para pembaca Alkitab cenderung membaca bagian silsilah-silsilah itu sambil lalu saja, maka sekarang dapat berhenti sejenak untuk merenung dan bercermin bagi perjalanan hidup rohaninya sendiri. Buku ini memang menarik untuk dibaca, silahkan dibaca!

Eka Budianto

Budayawan, pengasuh mimbar agama Katolik di TVRI (2001-2008), penulis dan environmentalis.

Saya bukan rohaniwan, apalagi cendekiawan dalam ilmu alkitab. Tetapi ketika memegang buku ini, saya merasa berharga dan beruntung pernah hidup dan menjadi bagian dari umat manusia, khususnya dengan iman Kristiani. 


Pendeta Abraham Park telah membawa seluruh pembacanya yang serius ke alam biblikal yang tak terbatas, baik dari sisi ruang maupun waktu. 


Silsilah di Kitab Kejadian ini mendekatkan seluruh umat manusia dengan sesamanya, dan dengan penciptanya. 


Kita mendapat kekuatan rohani dan kebijaksanaan alkitabiah, yang mendorong untuk bersyukur bahwa Tuhan begitu mengasihi manusia. Dari mahluk yang fana dan terbatas menjadi jiwa-jiwa yang abadi. 
Untuk membaca tuntas, rasanya tidak cukup sekali atau dua kali. Buku semacam ini bisa jadi tuntunan antar generasi. Ia bisa jadi pusaka yang tak habis-habisnya dibaca. 


Jadi, kapan-kapan dibaca lagi, dibaca lagi, dan dibaca lagi. Bukan hanya oleh saya, tapi juga oleh para penerus, anak-cucu dan cicit kita di masa depan

Please reload

Yayasan Damai Sejahtera Utama
Jadwal Acara
Connect with Us

Tel. / WA:  0821-2207-1139

Email:  sejarahpenebusan@gmail.com

Jl. Telaga Warna I No.2,

Komplek Puri Cinere,

Depok 16514

  • Instagram - Black Circle
  • Facebook - Black Circle
  • YouTube - Black Circle

Yayasan Damai Sejahtera Utama 2019

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now